Penyanyi cantik dan berbakat Meda Kawu merilis single terbarunya “Sendiri Tapi Tak Sepi”. Ini adalah single debutnya di tahun 2018 setelah sebelumnya Meda merilis mini album Single People in the World dan single “Hai Ayah”, kedua di tahun 2015. Single “Sendiri Tak Sepi” ini dirilis oleh Seven Music, label yang pernah menjadi rumah bagi nama-nama seperti The Fly, Alexa, Radhini dan masih banyak lagi.

Tiga tahun absen dari dunia rekaman, penyanyi yang sudah berkiprah sejak 2007 ini memberikan sesuatu yang mengejutkan. Ketimbang merilis hanya satu versi, “Sendiri Tak Sepi” dibuat dan dirilisnya dalam tiga versi sekaligus: versi rekaman, versi live dan versi electronik. Meda menjadi penyanyi pertama Indonesia yang merilis sebuah lagu dalam 3 aransemen sekaligus secara serentak.

Menyimak lebih dalam, ketiga versinya single “Sendiri tapi Tak Sepi”dari Meda Kawu ini memiliki keunikannya tersendiri.

Di versi rekamannya, suara Meda yang jernih membuat lagu yang diaransemen akustik minimalis ini menjadikan lagu ini sangat indah. Denting piano mengalir teduh dalam kanvas kontemplatifnya.

Sementara di versi elektroniknya, ambient kontemplatif makin terasa lebih kuat lagi. Di sini vokal Meda terdengar sendiri, seakan rapuh, seirama dengan judul lagunya. Namun ada bebunyian sampling drum dan bass yang memberikan nuansa kuatnya di sana. Sangat berkarakter.

Sedangkan versi livenya, alunan gitar akustik, marakas dilatari efek hembusan angin membuat lagu ini menemukan versi paling sensitifnya.

Mengemas satu lagu dalam 3 aransemen bukan pekerjaan yang mudah. Dan pastinya butuh keberanian dan kecermatan tingkat tinggi dimana itu semua dimiliki oleh Meda Kawu sebagai ‘a true artist’. Selain aransemen, lirik menjadi salah satu senjata utama dalam sebuah lagu. Bahkan baru mendengar judul lagunya saja, “Sendiri Tapi Tak Sepi” sudah mengundang pertanyaan untuk masuk lebih dalam lagi menyimak lagunya.

Jika Anda penasaran, silakan menikmati single “Sendiri Tapi Tak Sepi” ini. Coba dengarkan ketiga aransemennya, versi mana yang anda sukai? Versi studio, elektronik atau akustik? Ah, mudah-mudahan ketiga-tiganya!

Tentang Meda Kawu

Imelda Margaret Kawu, lahir di Jakarta, 8 April 1978 adalah penyanyi Indonesia yang berkecimpung di warna musik folk kontemporer.

Wanita yang biasa di sapa Meda Kawu itu berkiprah di dunia musik sejak tahun 2007. Dirinya memulai karir sebagai seorang backing vokal pada Aminoto Kosin Orchestra. Ini adalah tahun-tahun penting Meda sebagai musisi. Saat bergabung dengan musisi sekaliber Aminoto Kosin, ia juga sekaligus menimba ilmu dalam bermusik dan mendalami filosofi bermusik dari guru dan mentornya yaitu Aminoto Kosin sendiri.

Pada tahun 2010, bersama dengan Aminoto Kosin, Meda memutuskan untuk memulai proses album solo yang memang sudah menjadi impiannya sejak belajar dengan sang musisi sekaligus mentornya.

Di samping merekam lagu-lagunya, Meda sendiri juga dipercaya Aminoto Kosin sebagai pengajar vokal anak di Aminoto Kosin Music School. Sementara di waktu senggang, Meda senang menghabiskan waktu mengasah kemampuannya bermain gitar dan piano.

Selain menjalani hobi dan kariernya sebagai penyanyi, Meda ternyata juga gemar membaca novel. Dari sekian banyak novel, salah satu novel yang ia gemari yaitu novel Laskar Pelangi karya penulis Andrea Hirata.

Pucuk dicinta, kecintaannya membaca novel Laskar Pelangi membawanya pada kesempatan besar yaitu bekerjasama dengan penulis favorit itu dalam sebuah project buku dan CD Laskar Pelangi Song Book di tahun 2012. Selain buku, Meda juga dipercaya sang penulis untuk merekam dan merilis album bertajuk Laskar Pelangi Song Book.

Perkenalannya dengan novel-novel Andrea Hirata juga menghantarkannya kepada single perdananya yang bertajuk “Hai Ayah”. Lagu ini diakuinya terinspirasi dari novel karya Andrea Hirata yang berjudul Ayah.

Diskografi Meda Kawu

Album soundtrack

Laskar Pelangi Song Book (2012, soundtack serial Laskar Pelangi)

Album mini

Single People in the World (2015)

Single

“Hai Ayah” (2015)https://www.instagram.com/medakawu/

Channel youtube : Meda Kawu

facebook : Meda.kawu

Instagram :@medakawu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cart

Back to Top